Sunday, May 26, 2013

Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal | Liga Champions

 Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal
Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal - sebuah situs menyatakan bahwa " Tim Yang dapat mengalahkan Barcelona di Liga Champions, berarti Tim itu juaranya" dan ternyata itu terjadi 3 tahun belakangan digelarnya Liga Champions. Apakah itu terjadi secara kebetulan atau memang kutukan?? silahkan anda jawab sendiri... :)

Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal - , Sabtu (25/5) Bayern Munchen boleh saja menorehkan tinta emas melalui gol Mario Mandzukic dan Arjen Robben di final Liga Champions kontra Borussia Dortmund. Namun, rekor positif tak hanya milik The Bavarians,
Sang pencetak gol Dortmund, Ilkay Gundogan juga demikian. Pasalnya, inilah gol pertama Gundogan setelah mengarungi 432 menit di turnamen kasta tertinggi di Eropa ini.

Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal :
Fakta unik tentang kedua tim di Liga Champions 
Borussia Dortmund
  • Lesakan Ilkay Gundogan dari titik putih menjadi gol pertamanya sepanjang kiprah di Liga Champions. Mencetak gol pertama di final juga sempat dilakukan Basile Boli (Marseille), Predrag Mijatović (Real Madrid), Steve McManaman (Real Madrid), Carlos Alberto (Porto), Sol Campbell (Arsenal), Juliano Belletti (Barcelona), dan Dirk Kuyt (Liverpool).
Bayern Munchen
  • Mario Mandzukic menjadi satu dari dua pemain Kroasia yang berhasil mencetak gol pada final turnamen antarklub Eropa. Sebelumnya pada Piala Super Eropa 1995, Zvonimir Boban melesakkan gol untuk AC Milan.
  • Sebelum Arjen Robben, ada dua legiun Belanda mencatatkan gol di final Liga Champions. Mereka adalah Patrick Kluivert dan Dirk Kuyt.
  • Gol Robben terjadi setelah melakukan 24 percobaan tembakan di tiga final Liga Champions.
Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal :

Selain itu masih ada Fakta lainnya :

- Final Liga Champions pada Sabtu (25/5) ini akan menjadi edisi ke-58 sejak kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut dimulai pada musim 1955/56, dengan Real Madrid menyapu bersih lima perhelatan pertama.

- Bayern Muenchen merupakan tim ketiga dalam daftar sepanjang masa finalis Liga Champions, di mana mereka sudah tampil sebanyak sembilan kali, empat kali menjadi juara pada 1974, 1975, 1976 and 2001, dan kalah lima kali pada 1982, 1987, 1999, 2010 dan musim lalu, ketika mereka kalah adu penalti melawan Chelsea dalam pertandingan di Muenchen.

- Real Madrid menjadi tim yang paling banyak tampil di final sejak 1956, yaitu 12 kali, diikuti oleh AC Milan (11 kali). Hari Sabtu ini akan menjadi final kelima Muenchen dalam era Liga Champions, hanya tertinggal satu dari Milan, yang sudah tampil enam kali antara 1993 dan 2007.

- Borussia Dortmund untuk kedua kalinya tampil di final Liga Champions setelah meraih kemenangan pertama tahun 1997, ketika menang 3-1 atas Juventus di Muenchen.

- Ottmar Hitzfeld menadi satu dari hanya tiga pelatih yang memenangi Liga Champions bersama dua klub berbeda - memimpin Borussia Dortmund ketika juara 1997 dan membawa Bayern Muenchen juara pada 2001.

- Dua pelatih lainnya yang memenangi gelar Liga Champions bersama dua klub berbeda adalah Ernst Happel, bersama Feyenoord pada 1970 dan SV Hamburg pada 1983, dan Jose Mourinho bersama FC Porto pada 2004 dan Inter Milan di tahun 2010.

- Franz Beckenbauer menjadi kapten pertama yang meraih tiga gelar Liga Champions, bersama Bayern Muenchen pada 1974, 1975 dan 1976. Meskipun Real Madrid menjadi juara lima kali secara beruntun antara 1956 dan 1960, tetapi mereka memiliki tiga kapten yang berbeda.

- Jumlah penonton terendah untuk partai final terjadi pada pertandingan ulang final 1974, ketika Bayern Muenchen mengalahkan Atletico Madrid 4-0 di Heysel Stadium, Brussels, Jumat, 17 Mei. Hanya 23.325 orang yang menyaksikan pertandingan tersebut. Pada final pertama yang berakhir 1-1, dua hari sebelumnya, jumlah penonton 48.772.

- Georg Schwarzenbeck mencetak gol penyama Bayern Muenchen pada menit terakhir babak perpanjangan waktu untuk memaksa hasil imbang 1-1. Tetapi Bayern pernah mengalami drama menyakitkan di final 1999 saat melawan Manchester United, di mana gol Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solksjaer di pengujung laga membuat MU menang 2-1. Duel di Barcelona itu menjadi final paling dramatis di Liga Champions.

- Ini akan menjadi kali keempat di mana dua klub dari satu negara bertemu di final Liga Champions. Sebelumnya, pernah terjadi antara Real Madrid vs Valencia pada 2000, AC Milan vs Juventus pada 2003 dan Manchester United vs Chelsea pada 2008. Semua pertandingan itu berakhir untuk kemenangan Madrid, Milan dan MU.

- Bayern Muenchen akan menjadi klub pertama yang mengangkat trofi Piala Eropa dua kali melalui adu penalti jika mereka sukses menyelesaikan drama itu. Bayern kalahkan Valencia 5-4 melalui penalti pada 2011 setelah bermain imbang 1-1. Mereka juga akan menjadi klub pertama yang menyelesaikan tiga pertandingan final lewat adu penalti jika berakhir imbang, menyusul kekalahan musim lalu.

- Paulo Sousa menjadi satu dari hanya dua pemain yang memenangi Piala Eropa bersama dua klub berbeda dalam musim yang berurutan, ketika Borussia Dortmund juara pada 1997. Pada musim sebelumnya, dia menjadi juara bersama Juventus. Sebelumnya, Marcel Desailly yang mengukir prestasi tersebut bersama Olympique Marseille pada 1993 dan AC Milan tahun 1994.

- Sejak Bayern Muenchen promosi ke Bundesliga pada 1965, kedua klub sudah bertemu sebanyak 95 kali di semua level kompetisi jenjang senior, dengan Bayern meraih 41 kemenangan, Borussia Dortmund 25 dan 29 berakhir imbang.

- Rekor gol antara kedua klub adalah ketika Bayern Muenchen membantai Borussia Dortmund 11-1 di Bundesliga bulan November 1971, yang menjadi rekor kemenangan terbesarnya di Bundesliga.

- Musim ini Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund sudah bertemu empat kali, dengan Bayern menang 2-1 di Piala Super Jerman pada bulan Agustus, dan juga melakukan revans atas kekalahan 2-5 pada final Piala Jerman musim lalu dengan kemenangan 1-0 di Piala Jerman bulan Februari. Sedangkan di ajang Bundesliga, kedua tim mengakhiri dua laganya dengan skor imbang 1-1.

- Bayern Muenchen menyingkirkan Barcelona dengan agregat 7-0, yang menjadi rekor marjin kemenangan di semifinal Liga Champions sejak event ini dimulai 1955/56. Bayern juga memegang rekor kemenangan agregat di putaran knock-out di era Liga Champions, ketika mengalahkan Sporting Lisbon dengan agregat 12-1 pada fase knock-out pertama musim 2008/09.

Sekian informasi dari saya, mohon maaf jika ada salah penulisan atau pengetikan. terima kasih atas kunjungannya.. :)

Fakta tentang Final Liga Champions 2013 | Kutukan Bagi Barcelona | Tuchfa Tul Atfal

10 komentar:

Unknown said...

fakta lainnya :
Pertandingan Final liga champions hampir mirip dengan final liga eropa
GOl:
final liga eropa
Torres 60'
Cardozzo 68' (pinalti)
Ivanovic 90'

Final champions
mandzukick 60'
Ilkay Gundogan 68' (pinalti)
robben 89'

hanya beda di gol kemenangan aja gannn :c:

Unknown said...

oh iya juga. :) makasih tambahannya dan makasih atas kunjungannya.. :D

Unknown said...

Terima kasih gan atas sharenya, sudah beberapa hari ini saya mencari artikel ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Penting, Panas, Perlu dan Seruu

Anonymous said...

terima kasih mas atas sharenya , memang berita bola akhir akhir ini lagi nge trennya hehee

Anonymous said...

yg paling manteb emang robben gan

kunjungan balik y sob

Unknown said...

makasih gan.. :) blog agan juga manteb tuh, banyak info menarik.. :D makasih ya gan kunjungannya....

Unknown said...

hehehe iya gan sama-sama, maka dari itu ane cari berita yg lagi tren... ;D

Unknown said...

haha betul tu gan.. :D
link blog agan yg mana?? supaya ane bisa kunjungi..

makasih ya gan atas kunjungannya..

Unknown said...

Mantaps ne gan .................

http://pri-share.blogspot.com/

Unknown said...

thx gan... :)

Post a Comment